Resolusi, Interpretasi, Realisasi



Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan, atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Resolusi atau Resolution, juga mengartikan pengukuran tingkat ketajaman gambar yang dihasilkan pencetak atau monitor.

Bila mengacu pada keduanya, mengaitkan harapan pada suatu hal yang akan datang pada momen baru salah satunya pergantian tahun, rasanya kurang ngena ya.. Sampai pada sebuah kata memaknai Resolusi, yakni ketetapan diri untuk berubah. Berubah dalam beragam hal, bisa karier atau usaha, mungkin juga penampilan intinya sesuatu yang ingin diubah atau capai. Itu pun berlaku kata Resolusi bagi diri sendiri, maka muncul lah beragam makna tersebut.

Berikutnya Interpretasi. Kembali ke KBBI, diartikan sebagai pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap sesuatu; tafsiran. Menyambungkannya pada momen baru (nyambung ngga ya?) hehe, nyambungin aja deh.. Interpretasi yakni menggambarkan momen baru akan apa, seperti apa? Kita punya dasar bagaimana mewujudkan sesuatu, terkai cara atau proses. Rasanya di sini perlu pemikiran matang dan tajam, bagaimana kita bisa mewujudkan apa yang ingin dicapai.

Sementara Realisasi, adalah hasil dari apa yang sudah kita rencanain dan harap. Semua hasil adalah realisasi. Ada yang mengklasifikasikannya dalam rentang tercapai, hampir, tapi tidak ada gagal, karena semuanya adalah proses. Tapi sayangnya, banyak orang yang ngga menghargai proses, malah memilih opsi baru dalam perjalanan hidupnya.

Hasilnya? Sebuah proses yang coba disusun terstruktur, menjadi "terhancurkan" karena ego. Mungkin yang merasa "gagal" ini lupa, ada Resolusi dan Interpretasi yang mendukung. Maka ungkapan Segala Perbuatan Tergantung Pada Niat tersebut, menjadi opsi yang seolah "gagal". Mungkin kamu lupa?

Selamat menuju momen baru...


Komentar