Bercerita dalam Tulisan


Foto by...

Kenapa orang bercerita?

Karena bercerita mengungkapkan banyak rasa. Terkadang rasa yang sulit diungkap, atau rasa yang tercipta. Tapi kelemahan bercerita lewat tulisan, banyak yang sulit menelaahnya. Tak terdefinisi pasti, bisa saja hanya penulis yang mengerti.

Jangan kan 1 tahun, 1 bulan atau 1 Minggu, dalam 1 hari kita pasti punya cerita. Menuliskan kata menjadi kalimat, menyusunnya dalam rangkaian alinea menjadi paragraf. Ada yang terstruktur ada yang bebas, karena penulis punya ceritanya sendiri.

Ketika kamu bercerita tentu ingin didengar. Karena Sang Pendengar suatu kali pasti bercerita. Maka jangan pelit untuk mau mendengar cerita. Setiap cerita ada jalannya sendiri, menuliskan momen untuk dikenang dan diulang suatu hari. 

Dilupakan? Mungkin tidak. Karena lembar demi lembar yang sudah tertulis, menyisakan goresan yang nampak. Meski dengan pensil sekali pun, tak mampu penghapus membersihkannya utuh. Ketikan? Ya memang bisa dihapus, tapi memori paling canggih bernama pikiran di dalam otak akan merekamnya. Teman sekitar juga menjadi memori cerita.

Komentar