Ketika jadi Admin Sosial Media adalah "profesi". Sampai hal simpel pun bisa jadi "penting". 10 Kode Etik Admin&Anggota: (masi bisa nambah ^^)
1. Pertama-tama harus konfirmasi, apakah orang yang mau di add berkenan diikutsertakan dalam grup? (jangan tiba-tiba diadd, dengan jumlah anggota banyak dan tiba-tiba jadi mengganggu) Ingat, kita ngga pernah tau kondisi ponsel orang lain.
2. Berusaha update. Baik itu mengganti foto grup, info kegiatan.
3. Memastikan/menyimak bahasan yang sesuai, terkait grup apa yang dibuat. (kecuali sedang tidak ada bahasan)
4. Hindari iklan. Info diperbolehkan sebatas wajar, ngga sampai keseringan jadi mengganggu.
5. Menerima saran, kritik, masukan. Baiknya via pribadi, dengan menimbang suara "rakyat". (uda kaya wakil rakyat sama rakyat)
6. Jika ada anggota aktif left grup tanpa pemberitahuan, baiknya dikonfirmasi. Bisa jadi ponsel hilang atau eror. Apakah mau diadd lagi? (terkadang anggotanya sendiri yang minta :D)
7. Grup yang sifatnya bertahan (keluarga, alumni, komunitas) adalah dekat. Terkadang jadi bagian mengisi waktu dengan obrolan, karena tidak bertemu muka. Maka baiknya merespons jika ada pertanyaan. Untuk Anggota, jika butuh info atau nanya jangan tiba-tiba, alias permisi lebih dulu (menyapa).
8. Dalam grup yang sifatnya bertahan, ada baiknya mengingat informasi. Seperti agenda, hari lahir anggota atau yang sifatnya kebersamaan. (berlaku saling mengingatkan)
9. Memilih Admin cadangan. (khawatir eror dan lain-lain)
10. Setelah awalnya mengonfirmasi untuk men-add, jika akan meremove juga harus konfirmasi. Memakai tagline "Kau yang Mulai Kau yang Mengakhiri". Termasuk jika grup ingin ditutup (kesepakatan bersama).
2. Berusaha update. Baik itu mengganti foto grup, info kegiatan.
3. Memastikan/menyimak bahasan yang sesuai, terkait grup apa yang dibuat. (kecuali sedang tidak ada bahasan)
4. Hindari iklan. Info diperbolehkan sebatas wajar, ngga sampai keseringan jadi mengganggu.
5. Menerima saran, kritik, masukan. Baiknya via pribadi, dengan menimbang suara "rakyat". (uda kaya wakil rakyat sama rakyat)
6. Jika ada anggota aktif left grup tanpa pemberitahuan, baiknya dikonfirmasi. Bisa jadi ponsel hilang atau eror. Apakah mau diadd lagi? (terkadang anggotanya sendiri yang minta :D)
7. Grup yang sifatnya bertahan (keluarga, alumni, komunitas) adalah dekat. Terkadang jadi bagian mengisi waktu dengan obrolan, karena tidak bertemu muka. Maka baiknya merespons jika ada pertanyaan. Untuk Anggota, jika butuh info atau nanya jangan tiba-tiba, alias permisi lebih dulu (menyapa).
8. Dalam grup yang sifatnya bertahan, ada baiknya mengingat informasi. Seperti agenda, hari lahir anggota atau yang sifatnya kebersamaan. (berlaku saling mengingatkan)
9. Memilih Admin cadangan. (khawatir eror dan lain-lain)
10. Setelah awalnya mengonfirmasi untuk men-add, jika akan meremove juga harus konfirmasi. Memakai tagline "Kau yang Mulai Kau yang Mengakhiri". Termasuk jika grup ingin ditutup (kesepakatan bersama).
Hihihiii, semacam aturan tak tertulis. *Langsung ngecek grup satu persatu ^^ #CeriTa #BaladajadiAdmin
PENTING DIINGAT! Memutuskan membuat grup, otomatis jadi Admin, berarti punya tanggung jawab (hiahaaa lebay) Ahahaha. ®
Komentar